Jumat, 23 Desember 2011

Sejarah singkat tentang UIN Sultan Syarif Kasim Riau

UIN SUSKA RIAU atau yang lebih lengkapnya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau - Pekanbaru. Merupakan kampus madani yang terletak di dua daerah di kota Pekanbaru, daerah Panam dan Sukajadi. Kampus yang lebih akrab disebut UIN Suska Riau ini sebelumnya merupakan Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim (IAIN SUSQA) Pekanbaru berdiri pada tanggal 19 September 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 194 Tahun 1970. Institut ini diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 19 September 1970 yang berupa penandatanganan piagam dan pelantikan Rektor pertama Bapak Prof. H. Ilyas Muhammad Ali.

Namun berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005 tentang Perubahan IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, pada tanggal 9 Februari 2005, perubahan status terjadi dan di resmikan menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau oleh Presiden RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Dan kemudian Menteri Agama RI menetapkan Organisasi dan Tata kerja UIN Suska Riau berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 Tahun 2005 tanggal 4 April 2005.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 Tahun 2005 UIN Suska memiliki 8 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, dan fakultas Pertanian dan Peternakan.

Untuk melihat informasi lebih lengkap tentang sejarah berdirinya kampus madani UIN Suska Riau ini, anda dapat lebih jelas membacanya di situs resmi http://www.uin-suska.ac.id...

Berikut beberapa foto tentang kampus UIN Suska Riau :

Logo UIN Suska Riau
Logo UIN Suska Riau
UIN Suska Riau Fakultas Sains dan Teknologi
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Suska Riau Fakultas Sains dan Teknologi Laboratorium
Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Suska Riau Logo Jurusan Sistem Informasi
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi

2 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...